Cara Memahami dan Mengingat Spesies Pohon

Mata Kuliah : Fitogeografi

Dosen : Bapak Atus Syahbudin

 

Berikut ini merupakan cara yang digunakan agar memudahkan dalam memahami dan mengingat spesies pohon, antara lain yaitu :

  1. Mengamati pohon-pohon —> Disekitaran UGM dapat menjumpai banyak spesies pohon yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, kita dapat membaca nama lokal, nama ilmiah, dan nama famili pada tulisan yang tertera di papan. Dengan mudah memperhatikan bagian-bagian dari tiap pohon tersebut seperti daun, bunga, batang, buah, bentuk tajuk, dll. Kita dapat menghafal pohon tersebut dengan tahu letak pohon yang sebagai acuan.
  2. Catat, Foto dan Gambar Hasil Pengamatan—> Setelah mengamati pohon tersebut, catat pada tally sheet yang telah disediakan berisi arah percabangan, tipe daun, tepi daun, permukaan kulit batang, bentuk tajuk, buah, bunga dll juga gambarkan tajuk dan daun.
  3. Aplikasi Biodiversitas—> Merupakan aplikasi yang sangat ampuh dan terpercaya untuk memahami bagian-bagian pohon dibandingkan dengan  mencari gambar yang ada di internet yang sumbernya belum tentu jelas.
  4. Membuat Catatan Kecil—> Catatan khusus yang efektif untuk menghafal nama lokal, nama ilmiah, serta mengelompokan sesuai nama famili.

Leave a Reply

Your email address will not be published.